Menanti Internet 8 Dimensi

Oleh Dedi Junaedi
Wartawan dan Dosen INAIS Bogor


Tiga dekade lalu, Tim Berners-Lee menulis pesan online perytama di World Wide Web. Proses dan penampakannya masih amat sederhana. Kini, kita sudah menggunakannya untuk aneka misi dan kepentingan. Kelak, jaringan saiber akan tampil lebih hebat lagi berkat kemajuan dari delapan dimensi pendukungnya.
Jika sistem jalan raya untuk mobil dimulai dari jalur kuda dan kereta, internet lahir pada jaringan switching yang dirancang untuk telepon. Saat jalan yang berubah menjadi jalan tol dan jalur telepon canggih yang berubah menjadi jaringan serat dan nirkabel, kita mulai merasakan manfaat ganda dari perkembangan interntet. .
Saat teknologi dan bisnis internet telah menyambungkan triliun perangkat elektronik lainnya, menfasilitasi streaming audio-video, dan basis aplikasi dengan pengguna global lainnya mendaki dengan cepat, lantas bagaimana generasi internet masa depan hadir?
Futurolog Thomas Frey telah meneropong, dalam 10-20 tahun ke depan, internet akan menjadi jaringan komunikasi multidimensional luar biasa. Menurut penulis buku Communicating with the Future, ada delapan dimensi penggerak transformasi internet generasi masa depan. Yaitu: Speed (kecepatan), Pervasiveness (penyebaran dan penerimaan), Capacity (kapasitas simpan, proses, dan transmisi data), Durability (daya tahan), Human Interfaces (antarmuka manusia), Dimensionality (dimensionalitas), Standard (etika, keamanan, dan hak pribadi), dan Intelligence (intelijen).
Prediksi Hukum Nielsen tentang bandwidth internet. Data sumbu Y dibuat berdasarkan skala logaritmik.
Aspek Speed
Hukum Bandwidth Internet Nielsen mengatakan, bandwidth pengguna akan tumbuh sebesar 50% per tahun (10% lebih rendah dari Hukum Moore untuk kecepatan komputer). Hukum ini sesuai dengan data tahun 1983 - 2014. Diagram menunjukkan bagaimana kecepatan internet telah melesat dari 300 bps (1984) menjadi 120 Mbps (2014). Hukum Nielsen imenunjukkan data sangat dekat dengan kurva pertumbuhan eksponensial untuk pertumbuhan tahunan 50%. .

Aquila Facebook memiliki lebar sayap 737, namun beratnya ratusan kali lebih ringan.
Aspek Pervasiveness
Kelihatannya ironis. Ketika banyak pengguna awal baru mengenal Internet untuk pertama kalinya, tingkat penetrasi terus meningkat. Dari sekitar 16 juta pada tahun 1995 menjadi sekitar 3 miliar hari ini.
Meskipun ada perkiraan pengguna internet mencapai sekitar 4 miliar pada dekade berikutnya, jumlah orang yang secara tidak langsung terhubung dunia maya sudah mendekati 100% dari seluruh populasi Bumi. Larry Page dan Mark Zuckerberg telah mendorong internet mudah diakses, melalui satelit, pesawat tak berawak, dan sistem balon yang mengjangkau hingga wilayah-wilayah paling terpencil.
Chairman Google, Eric Schmidt, memprediksi semua warga dunia akan terhubung jaringan saiber tahun 2020. Simpul-simpul koneksi dari sekitar 7 miliar plus ini dapat menjadi sumber pengumpulan dan transmisi penting manusia.
Aspek Capacity – Data Transmission, Processing, & Storage
Ukuran data netizen tak lagi bicara Tera, tapi sudah Exa dan Zetta. Exabyte setara dengan 1 miliar gigabyte. Zettabyte adalah 1 ribu exabyte. Cisco memperkirakan lalulintas data mencapai 403 zettabyte per tahun pada tahun 2018, naik hampir 400% dari 113 ZB (2013). Pada 2018, perangkat Internet of Everything akan menampung data dua kali lebih banyak di pusat data, sementara lalulintas antar data center lokal melesat menjadi 47 kali lebih besar lagi.
Pada saat yang sama, lebih dari 90% lalu lintas internet adalah video. Awalnya, internet tidak dirancang lalulintas video. Big Data tidak memiliki definisi resmi, tetapi mengacu pada sejumlah besar data yang dibuat, ditangkap, dan dianalisis. Big Data kian penting dalam operasi sehari-hari masyarakat, menambahkan tingkat pemahaman yang menakjubkan tentang struktur sosial dan rincian menarik tentang pengalaman manusia yang selalu berubah.
Sebelum lengser, Presiden Obama menyetujui proyek komputer "exascale" yang akan online 2025. Komputasi Exascale mengacu pada sistem komputasi yang mampu melakukan setidaknya satu exaFLOPS (satu miliar miliar kalkulasi per detik). Kapasitas tersebut mewakili peningkatan seribu kali lipat dari Komputer Petascale yang mulai beroperasi 2008.
Kemajuan teknologi dan inivasi dalam transmisi, pengolahan, dan penyimpanan tentu berdampak nyata pada aplikasi dunia maya. Bayangkan, apa yang akan terjadi bila prediksi berikut terealisir.
• Tahun 2030, kartu micro-SD akan memiliki kapasitas penyimpanan setara 20.000 otak manusia.
•Tahun 2043, kartu micro-SD akan memiliki kapasitas penyimpanan lebih dari 500 miliar gigabyte - setara dengan keseluruhan isi internet tahun 2009.
• Tahun 2050 - jika tren berlanjut - perangkat seukuran kartu micro-SD memiliki penyimpanan setara dengan tiga kali kapasitas otak seluruh umat manusia.
Aspek Durability
Seberapa kuatkah internet bertahan saat diserang? Apakah akan bertahan dari serangan militer, serangan hacker yang disengaja, flare surya yang sangat besar, atau ketika ada tekanan akibat resesi besat dalam ekonomi global?
Tantangan terbesar, menurut Frey, adalah ancaman penuaan sistem tanpa henti dari waktu ke waktu.
Pada Juli 2015, ada 13 server root pengendali internet. Awalnya ada 13 server fisik dengan 10 lokasi di AS. dan tiga lainnya berlokasi di Stockholm, Amsterdam, dan Tokyo.
Ke depan, ntuk tujuan ketahanan, tidak perlu ada lagi server fisik spesifik lokasi. Melainkan setiap server beroperasi di beberapa lokasi geografis dengan menggunakan teknik routing yang disebut anycast addressing. Ini berarti setiap server root perlu punya kemampuan andal untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak.
Jumah server root akan terus bertambah seiring dengan tuntutan kebutuhan. Pada saat bersamaan, semua peralatan operasional yang menggerakkan internet juga mengalami kemajuan dalam sistem, orang, dan metodologi.

Aspek Lainnya

Aspek Human Interfaces akan menandai perubahan aspek kenyamanan dalam input dan output berinternet ke depan. Mula-mula dengan keyboard, kemudian mouse dan hyperlink. Seiring kecepatan koneksi membaik, aplikasi grafis, animasi gif, grafik, audio dan video pun berkembang.
Berikutnya apa? Perangkat antarmuka optik seperti augmented reality dan virtual reality bisa jadi plihan. Maka, Google Glass, Microsoft HoloLens, Facebook's Oculus VR, dan Game VR kini mulai menyemarakkan generasi baru dunia maya.
Aspek Dimensionality, Standar, dan Intelegensia termasuk perkembangan yang tidak boleh dilewatkan dalam meneropong internet masa depan. Teknologi sensor dan biosensor diperkirakan akan membentuk internet cerdas tahun 2024. Microchip atau bahkan nanochip akan menambah daya komputasi jaringan saiber. Juga sistem pencetakan tiga dimensi (3D Printing), perangkat nirkabel.hibrida antara kecerdasan manusia dan kecerdasan buatan akan menentukan wajah masa depan dunia maya.

Siapa melihat apa dan apa yang mereka tahu?

Kelak, pengelolaan keseluruhan internet ditangani oleh ICANN, sebuah perusahaan nirlaba internasional yang berbasis di California. Mereka dituntut untuk memastikan operasi jaringan stabil dan aman. Dalam beberapa dekade ke depan, masalah ketahanan akan mengemuka. Membangun WWW yang berkelanjutan diharapkan juga menjadi sarana pembangunan ekonomi global.
Begitulah, dibanding inovasi teknologi lain yang muncul selama 1.000 tahun terakhir, internet termasuk salah satu yang memiliki dampak terbesar pada kehidupan sehari-hari manusia modern.

Comments

Popular posts from this blog

Wakalah, Hiwalah dan Kafalahah, Hiwalah dan Kafalah

Indikator Keberhasilan Pembangunan Dalam Perspektif Islam

Analisis Kualitas Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzaki di Jabotabek